Wednesday, December 11, 2019

Mengenal Klan Monoarfa di masa lalu (bag.2)


Rais Monoarfa (1880-1944)

Jogugu Rais Monoarfa adalah putra dari pasangan Djamullulaili Monoarfa dan putri Untebi bin Tupa Dunggio. Kakek dari Rais Monoarfa adalah Raja Abdullah Mbuinga Monoarfa yang bergelar Ta to masjidi. Gambar dibawah ini memperlihatkan silsilah Jogugu Rais Monoarfa.

Rais Monoarfa tercatat pernah menjadi pejabat di Paguat tahun 1913-1915 sebagai Walaopulu (pejabat administrasi) dan pada tahun 1921 menjabat sebagai Marsaoleh Talaga . Pada tahun 1926 Rais Monoarfa menduduki jabatan sebagai Jogugu Gorontalo (setingkat kepala daerah)
Saat menjabat Jogugu Gorontalo Rais Monoarfa banyak berperan penyediaan jumlah sekolah rakyat. Karena usahanya tersebut, beliau mendapat penghargaan  medali dari pemerintah hindia belanda tahun 1927.
Ketika pasukan Jepang menduduki Gorontalo tahun 1942, Rais Monoarfa bersama pejabat pribumi lainnya dibawa ke penjara Manado sebagai tahanan. Tahun 1944 Rais Monoarfa meninggal dunia saat berada di penjara karena sakit yang dideritanya. Jogugu Rais Monoarfa diberi gelar adat ” Ta Lo O Tinggapo “


No comments:

Post a Comment